Singkap Harta Karun Kapal Perang Tergarang dan Terbesar Abad Ke-16

By National Geographic Indonesia, Minggu, 25 Juli 2021 | 19:00 WIB
Mars terletak di dasar Laut Baltik, yang tenggelam selama pertempuran laut pada 1564. Peneliti dan penyelam mulai mempelajari rahasia Mars, kapal kebanggaan Angkatan Laut Swedia. (TOMASZ STACHURA/OCEAN DISCOVERY)

 

 

 

Peneliti dan penyelam mulai mempelajari rahasia Mars, kapal kebanggaan abad ke-16 Angkatan Laut Swedia, yang telah bertahan 450 tahun.

 

Nationalgeographic.co.id—Ini adalah kapal perang yang terbesar dan tergarang di dunia, bernama Mars seperti nama dewa perang Romawi. Terlibat , dalam bola api pertempuran laut brutal pada 1564, mengirim 800-900 pelaut Swedia dan Jerman dan harta dalam bentuk koin emas dan perak ke dasar Laut Baltik.

Pemburu harta karun, arkeolog, dan penggemar sejarah telah berusaha menemukan Mars selama bertahun-tahun. Namun, mereka tidak berhasil sampai akhir musim semi 2011, ketika sekelompok penyelam menemukan salah satu penemuan terbesar arkeologi maritim di kedalaman 75 meter di bawah laut.

Legenda mengatakan, bahwa hantu bangkit dari neraka untuk menjaga Mars, kebanggaan Angkatan Laut Swedia, bertentangan dengan segala yang pernah ditemukan.

Penemuan ini merupakan puncak dari pencarian selama 20 tahun oleh Lundgren, bersama dengan saudaranya Ingemar dan rekan mereka Fredrik Skogh. Mereka telah bermimpi menemukan Mars yang perkasa sejak melakukan kunjungan semasa kanak-kanak ke museum kapal perang kebanggaan Swedia. Richard dan Ingemar Lundgren menjadi penyelam profesional untuk mewujudkan mimpi itu.

Moncong-moncong meriam menguar dari dek meriam di lambung kanan Mars. (Ingemar Lundgren)