Teka-Teki Salakanagara, Kerajaan Nusantara Tertua Versi Wangsakerta

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 26 Juli 2021 | 21:45 WIB
Prasasti Tugu, yang diperkirakan dibuat pada abad kelima. Di batu itu menyertakan penguasa Kerajaan Tarumanagara dan asal-usul terkait kerajaan Salakanagara--kerajaan yang lebih tua dari Kutai. (Rahmad Azhar Hutomo/National Geographic Indonesia)

 

Nationalgeographic.co.id - Claudius Ptolemeus lewat bukunya yang dipublikasikan sekitar tahun 150, Geographia, menggambarkan adanya kawasan yang berada sangat jauh di timur dari  Yunani. Dia menyebut kawasan itu sebagai Argyre, atau negeri besi.

Dalam buku itu, Argyre tidak jauh dari semenanjung Malaya dan kawasan yang bernama Barus di Sumatera. Banyak dari para sejarawan mencari tahu keberadaan negeri yang dimaksud, dan menemukan kerajaan tertua di Nusantara: Salakanagara.

Peneliti peningalan kuno dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran Undang Ahmad Darsa, menulis makalah Kropak 406; Carita Parahyangan dan Fragmen Carita Parahyangan tahun 2004. Melalui tulisannya di Balai Pengelolaan Museum Negeri Sri Baduga, Darsa memperkirakan bahwa Ptolemeus bisa jadi sempat mengunjungi Salakanagara.

Kita selama ini mengenal bahwa kerajaan awal di Indonesia, yakni Kutai di Kalimantan Timur (350-1605), dan Tarumanagara di Jawa bagian barat  (358-669). Lantas, bagaimana dengan Salakanagara?