'Pesan dalam Botol' Tertua Ditemukan, Dibuang dari Kapal Rute Makassar

By Utomo Priyambodo, Senin, 26 Juli 2021 | 19:56 WIB
Botol jenis gin kotak persegi dengan merk timbul 'DANIEL VISSER & ZONEN/ SCHIEDAM'. Botol ini membawa pesan dalam botol tertua di dunia yang telah terkonfirmasi hingga saat ini. Rekor pesan dalam botol tertua sebelumnya adalah 108 tahun. (Museum Ross Anderson/ Western Australian Museum)

Nationalgeographic.co.id—Pada tahun 2018, sebuah pesan dalam botol ditemukan setengah terkubur di pasir pantai Australia Barat. Pesan dalam botol ini berasal dari tahun 1886, yang artinya pesan ini telah berusia 132 tahun saat ditemukan di pantai tersebut.

Menurut isinya, pesan dalam botol ini telah menghabiskan lebih dari satu abad untuk berenang dan mengambang di lautan, sebelum ditemukan hampir 950 kilometer atau 590 mil dari tempat ia terlempar dari sebuah kapal di Samudra Hindia.

Penemu pesan dalam botol itu adalah sorang pengunjung pantai bernama Tonya Illman. Ia menemukan botol gin tua dengan pesan tergulung di dalamnya itu pada Januari 2018 sekitar 50 meter atau 164 kaki dari garis pantai di penanda air yang tinggi di Pulau Wedge.

Gulungan pesan yang masih terikat tali serabut ketika baru saja dikeluarkan dari botol yang ditemukan di pesisir Western Australia. (Kym Illman)