Gejolak-gejolak Olimpiade Saat Dihadang Sederet Krisis Global

By Fikri Muhammad, Senin, 26 Juli 2021 | 18:12 WIB
Jepang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mempersiapkan Olimpiade Tokyo. Ketika Tokyo menunda Olimpiade 2020, beberapa orang menunjuk pada kutukan 40 tahun sejarah penundaan, boikot, dan kekacauan Olimpiade. (Olimpiade 2020 Tokyo)

Nationalgeographic.co.id—Pagebluk Covid-19 menyebabkan Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo ditunda. Sepanjang sejarah, hanya perang dunia yang pernah membuat Olimpiade tertunda seperti saat ini.

Akan tetapi, agenda global ini tampaknya tidak asing dengan gejolak peristiwa yang menghadangnya. Olimpiade pernah mengalami pemboikotan, pelarangan, bahkan dirundung letusan gunung berapi. 

Gunung Vesuvius memaksa relokasi

Pada 1904, Roma mengungguli  Berlin dan Turin untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 1908. Akan tetapi, dua tahun persiapan justru terdapat bencana yang melanda. 

Gunung Vesuvius meletus. Akibatnya, kerusakan serius di kota-kota dekat gunung berapi itu dan melumpuhkan kota Napoli. Karena kewalahan oleh biaya pemulihan, Italia harus menyerah dari tawaran Olimpiade. 

Namun, letusan itu tidak membatalkan Olimpiade. Pejabat Komite Olimpiade Internasional mengalihkannya ke London sebagai tuan rumah. Walaupun mereka hanya mendapat sepuluh bulan untuk bersiap. Asosiasi Olimpiade Inggris memanfaatkan waktu itu sebaik-baiknya untuk membangun stadion baru khusus Olimpiade.