Dinosaurus Ini Memiliki Pendingin Udara Yang Rumit di Tengkoraknya

By Ricky Jenihansen, Senin, 26 Juli 2021 | 22:00 WIB
Ankylosaurus (De Agostini/ Natural History Museum)

Nationalgeographic.co.id—Dinosaurus raksasa umumnya mengembangkan adaptasi untuk melindungi tubuh mereka, seperti memiliki tanduk, duri dan zirah yang tebal. Namun, dinosaurus raksasa yang satu ini justru memiliki sesuatu yang lebih penting dari itu semua, Ankylosaurus memiliki pendingin udara di dalam tengkoraknya yang melalui hidung mereka.

Dalam laporan penelitian dari Heritage College of Osteopathic Medicine di Ohio University yang dipublikasikan di Jurnal The Anatomical Record, Ankylosaurus dijelaskan memiliki tubuh dengan zirah yang tebal untuk melindungi tubuh mereka. Namun, hal itu tidak memungkinkan banyak panas keluar dari tubuh besar mereka dan membuat para ilmuwan bingung.

Menurut ahli paleontologi Lawrence M. Witmer, rekan penulis studi, Ankylosaurus harus dapat mengatur suhu tubuh mereka dan dapat bertahan hidup di bawah terik matahari selama periode kapur. Hal itulah yang membuat kelompok dinosaurus raksasa memiliki strategi termoregulasi yang berbeda untuk membantu memoderasi suhu otak dalam menghadapi beban panas yang tinggi.

"Dinosaurus kecil bisa saja lari ke tempat teduh untuk mendinginkan tubuh mereka, tetapi bagi dinosaurus raksasa itu tidak mungkin, potensi overheating benar-benar tidak terhindarkan," katanya kepada Science News.