Kenangan Prajurit Soviet Terakhir yang Membebaskan Auschwitz dari Nazi

By Fikri Muhammad, Kamis, 29 Juli 2021 | 10:00 WIB
Veteran perang Soviet David Dushman, 92, tengah, berbicara kepada orang-orang yang memegang bendera Ukraina saat ia menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Russian War Memorial di distrik Tiergarten di Berlin, Jerman. Dushman, prajurit Sekutu terakhir yang masih hidup yang terlibat. (Markus Schreiber) (Markus Schreiber)

Nationalgeographic.co.id—David Dushman. Dia adalah tentara Soviet terakhir yang masih hidup dan terlibat dalam pembebasan kamp kematian Nazi di Auschwitz. Dushman wafat pada usia 98 tahun pada 5 Juni 2021. 

"Setiap saksi sejarah yang berlalu adalah kerugian, tetapi mengucapkan selamat tinggal kepada David Dushman sangat menyakitkan," kata Charlotte Knobloch, mantan kepala Dewan Pusat Yahudi Jerman di laman Time. "Dushman berada tepat di garis depan ketika mesin pembunuhan Sosialis Nasional dihancurkan."

Sebagai seorang prajurit muda Tentara Merah, Dushman meratakan pagar listrik di sekitar kamp kematian Nazi yang terkenal kejam dengan tank T-34-nya pada 27 Januari 1945.

Tentara Soviet membebaskan tawanan Yahudi di Kamp Konsentrasi Auschwitz pada akhir Perang Dunia Kedua. (Wikimedia Commons)