Mumi-Mumi Tertua di Dunia Ini Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

By Utomo Priyambodo, Jumat, 30 Juli 2021 | 16:00 WIB
Mumi-mumi Chinchorro, mumi-mumi tertua di dunia yang pernah ditemukan. (Servicio Nacional del Patrimonio Cultural)

Nationalgeographic.co.idMumi-mumi tertua di dunia yang pernah ditemukan bukanlah berasal dari Mesir, melainkan dari Chile. Praktik mumifikasi oleh orang-orang Chinchorro kuno di Chile ini menunjukkan semangat egaliter atau persamaan hak dan kedudukan, tidak seperti orang-orang Mesir kuno.

Mumi-mumi Mesir kuno memang bisa dibilang mumi-mumi paling terkenal di dunia. Namun bagaimanapun, mereka bukanlah yang tertua.

Mumi-mumi tertua di dunia adalah mumi-mumi Chinchorro. Orang-orang Chinchorro dari Amerika Selatan mulai mengawetkan mayat mereka sekitar 7.000 tahun yang lalu dan mumi-mumi mereka telah menjadi salah satu keajaiban arkeologi Andes.

UNESCO baru-baru ini mengakui nilai budaya dan pentingnya mumi-mumi Chinchorro dengan memasukkannya ke dalam Daftar Warisan Dunia. Bernardo Arriaza, ahli mumi sekaligus antropolog Chile, menjelaskan pentingnya pengakuan ini dengan mengatakan, "UNESCO memvalidasi di tingkat internasional, melalui para ahli yang berbeda, bahwa permukiman dan mumifikasi buatan dari budaya Chinchorro memiliki nilai luar biasa, yang memiliki kepentingan global."