Makhluk Laut Mirip Alien Ditemukan di 'Pompeii Jurassic' di Inggris

By Utomo Priyambodo, Senin, 2 Agustus 2021 | 19:30 WIB
Fosil makhluk-makhluk laut yang berlekuk-lekuk seperti alien. (The Trustees of the Natural History Museum, London)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi di Inggris menemukan sejumlah makhluk laut yang berlekuk-lekuk mirip alien. Mereka menemukan fosil makhluk-makhluk laut dari era Jurassic itu di bawah tambang batu kapur di wilayah Cotswolds.

Fosil makhluk laut mirip alien itu merupakan satu dari puluhan ribu temuan fosil invertebrata laut --yang disebut echinodermata-- yang ditemukan di lokasi tersebut. Fosil-fosil itu terawetkan dengan rapi dalam semua tahap dari siklus kehidupan mereka, kata para peneliti dalam sebuah pernyataan. Echinodermata dalam bahasa Yunani memiliki arti "kulit landak" dan termasuk nenek moyang kuno bintang laut modern, teripang, bulu babi, dan lili laut berkaki berjumbai.

Namun sayangnya, tepat ketika segalanya sedang booming, komunitas dasar laut yang sedang berkembang itu justru menemui akhir yang dahsyat. Ada sebuah bencana misterius—mungkin merupakan tanah longsor yang dipicu oleh gempa bumi—yang menerjang dan mengubur hewan-hewan itu selama 167 juta tahun.

"Apa yang kami dapatkan di sini adalah semacam Pompeii Jurassic," ujar Neville Hollingworth, seorang pemburu fosil amatir yang menemukan lokasi kuburan fosil-fosil itu saat sedang mendaki bersama istrinya.