Psikolog Merancang Tes Baru Sederhana Pengukur Tingkat Kreativitas

By Utomo Priyambodo, Senin, 2 Agustus 2021 | 22:30 WIB
Para psikolog berpikir bahwa orang-orang yang lebih kreatif dapat menghubungkan elemen-elemen yang jauh dalam pikiran mereka dengan lebih mudah. (Freepik)

Nationalgeographic.co.idKreativitas adalah hal yang sulit untuk didefinisikan, apalagi untuk diukur. Namun sekelompok ilmuwan berpikir bahwa mereka telah menemukan cara yang sangat sederhana untuk menilai setidaknya satu aspek dari tingkat kreativitas.

Mereka membuat sebuah tes yang dapat Anda coba kerjakan sendiri dalam beberapa menit. Tes ini bekerja paling baik ketika Anda tidak tahu banyak tentang cara kerja analisis. 

Metode baru yang disebut Divergent Association Task (DAT) ini hanya meminta peserta tes untuk menyebutkan 10 kata benda yang memiliki makna sejauh mungkin. "Kucing" dan "buku" akan lebih berbeda dari "kucing" dan "anjing", misalnya.

Sebuah algoritme komputer kemudian mengukur jarak semantik antara kata-kata benda yang ditulis atau disebutkan oleh peserta tes tersebut. Jarak semantik adalah ukuran seberapa besar hubungan kedua kata itu satu sama lain.