Goodison Park: Stadion Sepak Bola Pertama dengan Teknologi Anti Salju

By Galih Pranata, Sabtu, 7 Agustus 2021 | 13:00 WIB
Goodison Park adalah markas dari klub Everton FC sejak tahun 1892 (Eurosports)

Nationalgeographic.co.id—Pencinta sepak bola di seluruh dunia mungkin banyak yang belum menyadari jika ada teknologi canggih yang terpasang di bawah tanah untuk menghangatkan permukaan lapang saat ditutupi salju. Penulis mengajak pembaca sekalian menuju ke Goodison Park, salah satu stadion megah di Inggris yang menjadi markas dari Klub Everton FC. Everton merupakan klub yang berbasis di Kota Liverpool, Inggris. Ia menjadi rival abadi Liverpool sekaligus derbi sekota yang selalu menarik untuk ditonton.

Goodison Park didirikan pada 1892 dan telah menjadi saksi dari kompetisi sepak bola tertua di dunia, yaitu FA Cup. Menariknya, Goodison Park yang bukan merupakan stadion tertua di Inggris ini telah berhasil menjadi pionir dalam membuat inovasi baru. Inovasi tersebut adalah menciptakan teknologi anti-salju yang terpasang di bawah tanah. 

Mengutip dari laman Everton The First, Everton menjadi klub satu-satunya di era 1960 yang tetap menggelar laga meski dalam kondisi bersalju. Inggris yang menjadi penyelenggara kompetisi sepakbola pertama di dunia, kerap kali mengalami kendala saat memasuki musim dingin. Pada saat musim dingin, salju turun sangat lebat sehingga menghalangi jarak pandang serta menutup garis-garis lapangan.