Detail Supernova Saat Awal Ledakan, Tertangkap Foto Pertama Kalinya

By Wawan Setiawan, Selasa, 10 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi ledakan supernova yang dihasilkan oleh ledakan bintang berukuran lebih besar dari Matahari. (NASA/CXC/M.Weiss)

Nationalgeographic.co.id—Terkadang, ada satu atau beberapa bintang raksasa yang mati dan meledak, ledakan kematian bintang tersebut ditunjukkan dengan citra supernova yang akan menampilkan ledakan cahaya super kuat ketika gelombang kejut pertama melewati bintang sebelum akhirnya meledak. Citra ledakan supernova tersebut sangatlah sulit untuk diabadikan.

Namun, para astronom dari Australian National University (ANU) yang bekerja sama dengan NASA serta beberapa tim peneliti internasional telah berhasil menangkap foto untuk pertama kalinya dari ledakan sebuah bintang raksasa yang jauh lebih besar 100 kali ukurannya dari Matahari.

Seperti yang dilansir oleh Techexplorist.com, "Ini adalah pertama kalinya ada orang yang melihat secara mendetail kurva pendinginan kejut yang lengkap di supernova mana pun," kata seorang cendekiawan Patrick Armstrong. Dia memimpin penelitian tersebut dan mengatakan peristiwa itu sebagai ‘kurva pendinginan kejut’.