Astronom Menemukan Struktur Besar Baru nan Misterius di Galaksi Kita

By Utomo Priyambodo, Selasa, 10 Agustus 2021 | 12:00 WIB
Galaksi Bima Sakti. (Thinkstockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Saat kita berenang di tengah samudra yang luas, kita pasti akan sulit mengukur volume samudra tersebut dan melihat apa saja yang ada di dalamnya. Begitu pula dengan volume dan isi galaksi kita.

Dari posisi kita di dalam Bima Sakti, kita pun kesulitan untuk mengetahui sebagian besar ukuran, isi, dan struktur tiga dimensi galaksi kita ini. Ada banyak hal yang luput dari kita, atau tidak mungkin untuk diukur. Meski begitu, kadang-kadang, sebuah penemuan datang dan membuat kita bertanya-tanya.

Salah satu penemuan baru di dalam galaksi kita ini adalah sebuah struktur baru bernama Cattail yang sungguh menakjubkan. Stuktur ini adalah gas yang ikal dan panjang dan sangat besar. Para astronom yang mendeteksinya tidak yakin apakah itu benar-benar bagian dari lengan spiral galaksi yang tidak pernah kita lihat sampai sekarang.

Bahkan jika itu bukan tanda lengan spiral yang belum dipetakan, Cattail mungkin merupakan filamen gas terbesar di galaksi kita yang ditemukan hingga saat ini. Temuan telah dijelaskan dalam makalah studi yang terbit di The Astrophysical Journal Letters pada Agustus 2021, dan tersedia di server pracetak arXiv.