Teka-Teki Arkeologi: Ratusan Batu Bulat Sempurna Berasal dari Magma

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 14 Agustus 2021 | 08:00 WIB
Ratusan batu bulat sempurna di Kosta Rika sering dikaitkan dengan benua Atlantis yang hilang (Pinterest)

 

Nationalgeographic.co.id—Lebih dari 300 batu berbentuk bulat sempurna yang ditemukan di Delta Diquis, Kosta Rika Selatan hingga kini menjadi salah satu misteri terbesar dalam dunia arkeologi. Bagaimana batu-batu yang terbuat dari Gabbro, sejenis batuan vulkanik, itu dapat berbentuk bulat sempurna dan sangat presisi.

Masuk akal jika batu-batu itu terbuat dari semen dan dicetak menggunakan teknologi konstruksi di zaman modern seperti sekarang. Akan tetapi, batu-batu tersebut diyakini berasal dari masa 600 sebelum masehi yang belum memiliki teknologi memadai. Dan yang paling membingungkan batu tersebut terbuat dari Gabro alias magma cair yang membeku. Bagaimana mungkin mengukirnya bisa jadi bulat sempurna?

Ada yang meyakini batu itu berasal dari peradaban yang lebih maju di masa lalu, yaitu Atlantis. Mitos lain di tengah masyarakat setempat, bahwa pada masa silam orang-orang pribumi memiliki ramuan untuk melunakan batu, sehingga batu bisa dibentuk seperti tanah liat, tidak dibentuk dengan cara dipahat.