Seorang Guru Sejarah Menemukan Tempat Penyimpanan Rahasia Artefak Nazi

By Utomo Priyambodo, Jumat, 13 Agustus 2021 | 10:00 WIB
Revolver Nazi yang ditemukan oleh seorang guru sejarah. (Stadtarchiv Hagen)

 

Nationalgeographic.co.id—Seorang guru sejarah menemukan tempat penyimpanan rahasia barang-barang Nazi di Jerman. Artefak-artefak Nazi yang ia temukan antara lain adalah pistol atau revolver, lencana yang dihiasi dengan gambar elang dan swastika, serta potret Adolf Hitler. Barang-barang ini telah disimpan di balik tembok sebuah bangunan di kota Hagen di Jerman selama lebih dari 75 tahun.

Barang-barang ini tampaknya telah disembunyikan pada hari-hari terakhir periode Reich Ketiga, ketika pasukan Sekutu mulai masuk melalui wilayah Ruhr di sekitar Jerman barat. Masa ini adalah beberapa minggu sebelum runtuhnya pemerintahan Nazi di Berlin.

"Benda-benda itu terletak di lubang sempit di antara dua rumah," ujar Andreas Korthals, seorang arsiparis di Stadtarchiv Hagen, sebuah badan pengarsipan pemerintah negara bagian North Rhine-Westphalia.

"Barang-barang itu mungkin dibuang di celah ini pada April 1945, ketika pasukan Amerika berbaris masuk," tuturnya kepada Live Science.

Siapa pun yang menyembunyikan benda-benda itu mungkin melakukannya dengan tergesa-gesa agar mereka tidak akan ditangkap karena menjadi bagian dari Nazi, kata Korthals.