Ilmuwan AstraZeneca Ungkap Kenapa Herd Immunity Tak Mungkin Terwujud

By Utomo Priyambodo, Senin, 16 Agustus 2021 | 18:00 WIB
Virus corona varian Delta masih bisa menular dari dan ke orang-orang yang telah divaksinasi. (pharmaceutical-technology)

Nationalgeographic.co.id—Ilmuwan dari AstraZeneca, perusahaan yang mengembangkan vaksin COVID-19 bersama University of Oxford di Inggris, mengatakan bahwa virus corona varian Delta membuat herd immunity atau kekebalan komunal tidak mungkin terwujud. Varian Delta telah mengubah rumus untuk mencapai herd immunity, kata ilmuwan pengembang vaksin Oxford/AstraZeneca tersebut.

Berbicara dalam pertemuan dengan parlemen Inggris pada hari Selasa lalu, Sir Andrew Pollard, seorang profesor infeksi pediatrik dan kekebalan dari University of Oxford, mengatakan Inggris "tidak mungkin" mencapai herd immunity sekarang karena varian Delta sedang beredar.

"Kami tahu sangat jelas bahwa varian virus corona saat ini, varian Delta, masih akan menginfeksi orang-orang yang telah divaksinasi, dan itu berarti bahwa siapa pun yang masih belum divaksinasi, pada titik tertentu, akan bertemu virus tersebut," kata Pollard, seperti dilansir Business Insider.