Temuan Harta Karun di Rusia Membuka Titik Terang Tentang Zaman Migrasi

By Maria Gabrielle, Kamis, 19 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Temuan harta karun di Rusia yang berisi ornamen untuk pakaian tradisional dan mangkuk logam. (Russian Academy of Sciences)

 

Nationalgeographic.co.id—Timbunan harta karun telah ditemukan di dekat sungai Nerl-Klyazminskaya, wilayah Suzdal Opolye, Rusia. Para arkeolog dari Institure of the Russian Academy of Sciences menemukannya ketika melakukan survei di daerah tersebut. Sebelumnya, di sana pernah ditemukan pecahan perhiasan dari zaman lampau.

Penggalian di area seluas empat meter persegi mengungkap simpanan perhiasan orang-orang dari zaman Masa Migrasi atau Great Nation Migration, yang berlangsung pada pertengahan milenium ke-1 Masehi. Dilansir dari Heritage Daily, adapun harta karun yang ditemukan adalah ornamen untuk kostum tradisional wanita khas budaya Volga Finns dan mangkuk logam impor.

Volga Finns merupakan penduduk asli yang tinggal di wilayah Volga, Rusia. Sejarah dan perkembangan di wilayah Suzdal Opolye pada abad pertama Masehi masih belum terungkap. Diyakini, populasi awal Slavic di wilayah Timur Laut Rusia adalah salah satu kelompok dari suku Volga Finns yang dicatat dengan nama Merya.