Inisiatif Rakyat Bantu Rakyat, Merdeka dari Kelaparan di Masa Pagebluk

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 19 Agustus 2021 | 13:00 WIB
Putri (kiri) membagikan kardus berisi air mineral, makanan, dan alat pelindung diri kepada kawannya untuk dibagikan ke masyarakat yang kekurangan pangan di sekitar Kota Tangerang. (Afkar Aristoteles Mukhaer/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id - Siang terik di hari ulang tahun ke-76 Indonesia itu, Putri Ramdani bersama beberapa temannya naik di bak pikap. Mereka harus menjaga kumpulan plastik merah berisi makanan yang mereka telah beli dan masak sejak tiga hari sebelumnya, dan kardus air mineral botol serta masker.

Semuanya untuk dibagikan ke warga Kota Tangerang yang membutuhkan. Makanan, minuman, dan APD yang tersedia adalah hasil kolektif dan donasi dari masyarakat sekitar Kota Tangerang.

Saking banyaknya, sebagian dari makanan dan minuman itu harus dibawa lewat mobil tambahan, dan rombongan yang menggunakan motor. Saya turut mengikuti mereka dengan dibonceng salah satu anggota, Mumu.

Putri masih berkuliah dan hari ini menjelang masa masuk perkuliahannya. Aktivitas berfilantropi ini dia ikuti sejak awal tahun ini, ketika mengetahui adanya kegiatan pasar gratis yang menjajakan beberapa kebutuhan secara cuma-cuma untuk diambil oleh warga sekitar.