Mengapa Orang Korea Selatan Bersemangat dalam Berbahasa Indonesia?

By Galih Pranata, Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:00 WIB
Potongan video dalam Youtube Vlog Korea Reomit, memperlihatkan Hansol dan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Korea Selatan. (Korea Reomit/Youtube)

Nationalgeographic.co.id—Korea Selatan belakangan menjadi perbincangan, bukan hanya grup musiknya yang mendunia, tapi banyaknya minat orang Korea Selatan untuk mempelajari bahasa Indonesia. Beberapa Youtuber berdarah Korea Selatan menjadi viral di Indonesia, seperti halnya Hansol dengan channelnya Korea Reomit, Sunny Dahye dengan SunnydahyeIn, dan banyak lagi. Mereka mampu menguasai bahasa Indonesia dengan baik, bahkan Hansol lebih menguasai bahasa Jawa. Hal tersebut karena mereka telah lama menetap di Indonesia.

Banyaknya orang-orang Korea Selatan yang telah mampu berbahasa Indonesia, bukan hanya sekadar karena mereka pernah tinggal di Indonesia, tapi juga mereka mempelajari bahasa Indonesia. Mulai dari menjadi mahasiswa di berbagai Universitas di Indonesia, maupun belajar di negerinya sendiri. Park Jae Hyun dalam jurnalnya yang berjudul Potensi dan Tantangan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional, terbitan tahun 2015, menulis tentang adanya pendidikan berbahasa Indonesia di Korea Selatan.

"Terdapat minat orang-orang Korea (Selatan) dalam mempelajari bahasa Indonesia, bahkan mereka menyempatkan diri untuk belajar ke Indonesia. Adanya program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) memudahkan orang Korea dalam mempelajari bahasa Indonesia" tulisnya. Melalui program tersebut, para turis asing dapat dengan mudah mengartikulasikan bahasa Indonesia.