Fosil Telur Kura-Kura Raksasa Ungkap Embrio Tukik di Dalamnya

By Fikri Muhammad, Jumat, 20 Agustus 2021 | 15:00 WIB
Sebuah telur fosil yang ditemukan di Tiongkok mengungkapkan kejutan di dalamnya: bayi kura-kura prasejarah raksasa. (ILUSTRASI OLEH MASATO HATTORI)

Nationalgeographic.co.id—Ahli paleontologi Fenglu Han dan Haishui Jiang mengintip harta karun telur dinosaurus yang dikumpulkan oleh petani di Nixiang, Provinsi Henan, Tiongkok pada 2018 lalu. Ada satu telur yang menarik perhatian. Bentuknya seperti bola bilyar dan tidak seperti telur dinosaurus yang pernah mereka lihat sebelumnya. 

Han dan Jiang dari China University of Geosciences di Wuhan mulanya mengira bahwa itu mungkin berasal dari spesies dinosaurus baru. Akan tetapi, dari analisis yang cermat mengungkapkan bahwa dalam telur itu berbaring sisa-sisa tukik kura-kura raksasa yang telah punah. 

Kura-kura darat yang telah punah itu dikenal sebagai Nanhsiungchelyids. Menurut studi terbitan The Royal Society, kelompok ini tumbuh sangat besar dan berjalan di Bumi bersama dinosaurus selama periode Kapur, membentang dari 145 hingga 66 juta tahun yang lalu.