Medan Magnet Bumi Melemah Setiap 200 Juta Tahun, Buktinya Ditemukan

By Wawan Setiawan, Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:00 WIB
Medan magnet Bumi telah berperan penting dalam melindungi planet beserta semua kehidupan yang ada dari bahaya radiasi. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Kita telah mengetahui bahwa Bumi adalah bola magnet raksasa. Oleh karena itu ia memiliki medan magnet yang tidak dapat kita lihat. Medan magnet raksasa ini mengelilingi Bumi berperan penting dalam memberikan perlindungan pada planet dan bagi seluruh kehidupan yang ada terhadap radiasi yang datang dari luar angkasa. Akan tetapi, medan magnet ini tidak selamanya kuat, para ilmuwan mengetahui bahwa setiap 200 tahun medan magnet Bumi ini akan melemah.

Sepertinya, teori siklus melemahnya medan magnet Bumi ini telah didukung oleh sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Liverpool. Studi baru mereka ini berusaha mengisi celah penting yang ada pada studi yang dilakukan oleh ilmuwan sebelumnya. Kekurangan data yang tidak diperoleh pada saat itu.

Dalam penelitian baru tersebut, para ilmuwan mencoba menganalisis gelombang mikro dan  paleomagnetik termal yang ada pada contoh bebatuan dari aliran lava purba di Skotlandia Timur. Hal ini mereka lakukan untuk mengukur kekuatan medan magnet bumi pada periode penting dimana tidak ada data yang didapatkan pada penelitian sebelumnya. Analisis yang dilakukan yaitu pengukuran sampel dari 200 hingga 500 juta tahun yang lalu. Data ini telah dikumpulkan kurang lebih 80 tahun terakhir.