Spesies Baru Katak Bertaring yang Aneh Ditemukan di Filipina

By Utomo Priyambodo, Rabu, 25 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Spesies baru katak bertaring mindoro atau Limnonectes beloncioi. (Scott Travers)

Nationalgeographic.co.idSpesies baru yang aneh, yakni katak bertaring, baru-baru ini ditemukan di Filipina. Para peneliti di University of Kansas (KU) telah mendeskripsikan bahwa spesies baru katak bertaring itu hampir tidak dapat dibedakan dari spesies lain di pulau tetangga kecuali berdasarkan panggilan kawinnya yang unik dan perbedaan utama dalam genomnya.

"Inilah yang kami sebut spesies samar karena bersembunyi di depan mata para ahli biologi selama bertahun-tahun," ujar Mark Herr, seorang mahasiswa doktoral dari Biodiversity Institute and Natural History Museum dan Department of Ecology & Evolutionary Biology di KU, sebagaimana dilansir SciTechDaily.

"Para ilmuwan selama 100 tahun terakhir berpikir bahwa katak ini adalah spesies yang sama dengan katak di pulau berbeda di Filipina karena mereka tidak dapat membedakannya secara fisik. Kami menjalankan banyak analisis—dan mereka memang terlihat identik dengan mata telanjang—namun, mereka terisolasi secara genetik. Kami juga menemukan perbedaan dalam panggilan kawin mereka. Mereka terdengar sangat berbeda. Jadi, ini adalah kasus menggunakan akustik untuk menentukan bahwa spesies itu berbeda, serta informasi genetik baru," papar Herr yang menjadi penulis utama laporan studi penemuan atas spesies baru tersebut.