Satu Lagi, Penjelasan Teka-Teki Dinosaurus Kamboja di Kuil Ta Prohm

By Galih Pranata, Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:00 WIB
Ukiran yang diduga Stegosaurus, terukir dalam relief Kuil Ta Prohm, Angkor Wat, Kamboja. (David Woetzel/ARJ)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog berupaya mengungkap teka-teki mengenai gambar relief yang tertera pada dinding Kuil Ta Prohm, Angkor Wat, Kamboja. Relief pada tersebut menunjukan gambar fauna yang menyerupai dinosaurus. Apakah benar di Kamboja, masyarakat kunonya pernah bertemu dengan dinosaurus?

Terdapat lebih dari 100 reruntuhan candi di Taman Arkeologi Angkor seluas 400 kilometer persegi di barat Kamboja. Diantara banyak reruntuhan, yang paling populer adalah temuan candi utama Angkor, Ta Prohm dan Candi Bayon. Angkor Wat memang dikenal dengan pusat peradaban Buddha yang besar. Ia juga merupakan kompleks perkotaan paling luas di dunia sebelum era industri.

Kompleks Angkor dibangun sekitar tahun 802 hingga 1431 M. Kemegahannya menggambarkan kerajaan Khmer yang perkasa di masanya. "Begitu juga dengan Kuil Ta Prohm, dibangun sekitar tahun 1200 M, menjadi biara dan universitas Buddha yang cukup aktif," tulis Michael D. Coe dan Damian Evans dalam jurnalnya berjudul Angkor and the Khmer Civilization, publikasi tahun 2018.