Monumen Ini Lebih Tua dari Stonehenge, Mengapa Berkait King Arthur?

By Agnes Angelros Nevio, Senin, 30 Agustus 2021 | 22:00 WIB
Monumen batu yang lebih Megah dari Stonehenge ditemukan di Kazakhstan. (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id—Arkeolog menemukan sebuah makam batu misterius di Inggris barat. Batu ini dikabarkan telah ada lebih dari 6.000 tahun lalu, yang menjadi 'lanskap seremonial' nan kompleks di Inggris Raya. Mereka menyebut batu tersebut dengan Arthur’s Stone (Batu Arthur) karena dipercaya memiliki hubungan dengan mitos King Arthur.

Tahun lalu, arkeolog mengekskavasi di dekat struktur batu kuno itu di desa Herefordshire, tepat sebelah timur sungai Wye yang berada di antara Inggris dan Wales. Dari fakta yang mereka dapatkan, situs tersebut awalnya hanya sebuah gundukan tanah di dekat struktur kuno lainnya di daerah tersebut. Namun, beberapa tahun kemudian daerah itu dibangun kembali, demikian penjelasan Julian Thomas seorang profesor arkeolog di University of Manchester di Inggris, sekaligus pemimpin projek dikutip dari Live Science.

"Ini adalah lanskap seremonial seperti yang ada di sekitar Stonehenge atau Avebury, tetapi lebih tua," kata Thomas. "Hal ini tentu menunjukkan bahwa ini adalah lokasi yang penting secara politik atau spiritual pada awal Neolitik."