Menghindari Penyakit di Musim Hujan

By , Senin, 23 Desember 2013 | 14:50 WIB

Libur akhir tahun menyambut bertepatan dengan musim hujan. Hal ini tentulah membuat Anda was-was akan berbagai serangan penyakit. Apalagi bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir tahun ini.

Anda mungkin berpikir bahwa terserang pilek atau flu saat akhir tahun ini tidak bisa dihindari. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit, menurut ahli. Berikut adalah cara untuk menghindari serangan virus yang menyebabkan berbagai penyakit.

1. Jangan sentuh wajah

Meskipun Anda menyentuh wajah Anda secara tidak sadar, hal ini dapat menyebarkan penyakit.

"Setiap kali Anda menyentuh membran lendir Anda—mata, hidung dan mulut—ini adalah cara untuk menularkan infeksi," kata Dr Michael Langan, dokter perawatan primer dan asisten profesor di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Jika Anda tidak menyentuh wajah, ini mungkin akan bermanfaat, kata Langan. Penelitian sebelumnya telah menyimpulkan bahwa orang mencemari tangan mereka dengan kuman lebih sering daripada mereka mencuci tangannya.

2. Cuci tangan

Cuci tangan Anda sesering mungkin menggunakan sabun dan air dapat mencegah penyebaran kuman untuk diri sendiri dan orang lain, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

"Tidak ada pengganti yang lebih baik untuk waspada terhadap penyakit daripada dengan mencuci tangan," kata Langan.

CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan selama 20 detik.

Jika Anda sedang bepergian dan tidak bisa ke wastafel, maka pembersih tangan berbasis alkohol adalah cara yang memadai untuk membersihkan tangan, kata Langan. Tetapi jika tangan Anda terlihat kotor, Anda harus mencucinya, katanya.

3. Lakukan vaksinasi flu

Sebuah vaksinasi flu tahunan adalah cara terbaik untuk melindungi diri terhadap flu, menurut CDC. Ini membutuhkan waktu sekitar dua minggu bagi seseorang untuk membangun kekebalan terhadap flu setelah mereka divaksin. Langan mencatat, vaksinasi flu tidak melindungi terhadap pilek, jadi cuci tangan dan upaya perlindungan lainnya masih penting.