Penemuan Terbaru: Gereja Bizentium di Israel 'Untuk Seorang Martir'

By Agnes Angelros Nevio, Minggu, 5 September 2021 | 16:00 WIB
Gambar ini menunjukkan mosaik dan prasasti yang ditemukan di gereja. Prasasti mengatakan bahwa gereja diperluas pada abad ke-6 dan didedikasikan untuk (Live Science)

Nationalgeographic.co.id-Para arkeolog telah menemukan sebuah gereja berusia 1.500 tahun di Israel yang memiliki mosaik hewan dan telah dihapus, gereja tersebut didedikasikan untuk seorang martir tak dikenal. Gereja yang cukup besar ini memiliki prasasti Yunani yang mengatakan bahwa itu didedikasikan untuk "martir yang mulia" tetapi tidak mengatakan siapa martir tersebut.

Pada saat gereja dibangun, Kekaisaran Bizantium menguasai Israel, dan sebuah prasasti di gereja menyatakan bahwa gereja diperluas pada masa pemerintahan Kaisar Flavius ​​Tiberius, yang memerintah dari tahun 578 hingga 582. Israel dan daerah sekitarnya ditaklukkan oleh Kekalifahan Rasyidin antara tahun 634 dan 638. Namun, meskipun terjadi pertumbuhan Islam di daerah tersebut, gereja tetap berkembang, dan tidak ditinggalkan sampai abad ke-10, menurut para arkeolog.

Gereja itu ditemukan selama penggalian yang dilakukan pada tahun 2017, sebelum konstruksi berlangsung di daerah tersebut. Letaknya sekitar 15 mil (24 kilometer) barat daya Yerusalem di Perbukitan Yudea, ditulis oleh Benyamin Storchan, seorang arkeolog dari Israel Antiquities Authority yang memimpin penggalian di gereja tersebut dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada edisi Musim Gugur majalah Biblical Archaeology Review, Storchan menamai bangunan itu "Gereja Martir Agung".

Baca Juga: Arkeolog Israel Berhasil Temukan Prasasti Abjad Berusia 3.100 Tahun

"Pada fase paling awal (pada abad kelima) Gereja Martir Agung terdiri dari kapel sederhana di dalam sebuah gua," tulis Storchan dalam artikel tersebut, dia juga menjelaskan bahwa pada abad keenam gereja tersebut diperluas menjadi kapel yang cukup besar di atas tanah dengan hiasan mosaik. Orang-orang kemudian mengubah ruang di dalam gua menjadi makam yang mungkin menyimpan peninggalan martir yang tidak diketahui itu.

Ikonoklasme

Gereja mempunyai bekas luka dari ikonoklasme kuno yaitu sebuah pergerakan penghancuran artefak dan gambar tertentu yang disengaja. Para arkeolog menemukan bahwa beberapa mosaik awalnya didekorasi dengan gambar-gambar zoomorphic (seperti binatang), tetapi ini sengaja dihapus. “Mosaik tersebut telah dirusak oleh ikonoklas di zaman kuno, dan digantikan dengan bentuk-bentuk zoomorphic dengan tessera acak di ubin atau batu mosaik untuk mengaburkan desain aslinya," tulis Storchan dalam artikel tersebut.

"Saya percaya bahwa ikonoklasme di Gereja Martir Agung dilakukan selama abad ke-6," kata Storchan yang dilansir dari Live Science.

Dia juga mencatat bahwa tindakan itu kemungkinan dilakukan karena "reformasi internal Kristen," atau perubahan aturan. Namun, sementara ikonoklas menghancurkan gambar-gambar zoomorphic, mereka meninggalkan gambar-gambar binatang lainnya.

"Kita bisa melihat ini, karena lantai kapel yang menggambarkan banyak burung tidak rusak dan berasal dari akhir abad ke-6," lanjutnya.

Siapakah Martir Tersebut ?

Sementara para arkeolog tidak mengetahui identitas martir tersebut, satu kemungkinan yang pasti adalah bahwa itu didedikasikan untuk seorang pria bernama Zakharia, nama yang digunakan beberapa kali dalam Alkitab. Catatan kuno menunjukkan bahwa makam seorang martir Kristen dengan nama itu ditemukan di dekatnya pada abad kelima, dan teks-teks mengklaim bahwa sebuah kuil yang didedikasikan untuk Zakharia terletak di sekitar lokasi penggalian, yang berarti gereja ini mungkin adalah kuil itu. Namun, bahkan jika gereja didedikasikan untuk Zakharia, teks-teks yang masih ada tidak menjelaskan Zakharia yang mana.