Planet Dingin Hampir Mengisi Seluruh Tempat di Galaksi Bima Sakti

By Wawan Setiawan, Rabu, 8 September 2021 | 13:00 WIB
Konsep seniman tentang distribusi planet dingin di seluruh Bima Sakti. Sebagai perbandingan, kerucut sian adalah bidang survei transit Kepler. Sisipan menunjukkan sistem planet di tonjolan Galaksi. (Osaka University)

Nationalgeographic.co.id—Sebenarnya, masih banyak yang belum kita ketahui tentang galaksi kita yaitu Bima Sakti. Galaksi kita ini selain memiliki banyak bintang-bintang masif yang ditemukan pada bagian pusat galaksi, ia juga ternyata memiliki banyak planet-planet dingin yang hampir kesemuanya belum bisa dideteksi oleh para ilmuwan dikarenakan keterbatasan jarak.

Keberadaan planet-planet dingin yang ada di dalamnya ini menjadi topik utama dalam studi terbaru para ilmuwan. Planet-planet ini sebelumnya diduga oleh ilmuwan terpengaruh pada jarak dari pusat galaksi. Dikarenakan lebar galaksi yang hampir 100.000 tahun cahaya menyebabkan para ilmuwan kesulitan dalam menentukan distribusi planet ini pada galaksi kita.

Untuk mendukung penelitian baru mereka, para ilmuwan melakukan teknik pelensaan mikro gravitasi. Teknik ini adalah satu-satunya teknik yang dapat membantu ilmuwan dalam mempelajari distribusi planet galaksi. Mereka menggabungkan pemodelan dan pengamatan agar dapat menyimpulkan distribusi planet dingin di Bima Sakti.