Tiongkok Mau Bikin Pesawat Luar Angkasa Sepanjang Satu Kilometer

By Utomo Priyambodo, Rabu, 8 September 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi pesawat luar angkasa. (Alex Pangestu)

Nationalgeographic.co.id—Pemerintah Tiongkok berencana untuk membuat pesawat luar angkasa sepanjang satu kilometer. Pesawat super besar ini rencananya akan dibangun di orbit untuk "eksplorasi luar angkasa dan misi kru orbital jangka panjang" di masa depan.

Science Times memberitakan bahwa badan pendanaan Kementerian Sains dan Teknologi Tiongkok telah menyarankan sebuah proyek baru untuk membangun "pesawat luar angkasa ultra-besar." Para ilmuwan telah diminta untuk menyelidiki metode desain ringan untuk mengurangi berat dan biaya peluncuran pesawat luar angkasa itu, serta cara-cara baru untuk membangun struktur besar di luar angkasa dengan aman.

South China Morning Post melaporkan bahwa rencana tersebut telah diberikan anggaran sebesar 15 juta Yuan atau setara Rp33,1 miliar. Angka ini termasuk kecil. Sebab, NASA mengatakan Stasiun Luar Angkasa Internasional (Internasional Space Station/ISS), yang berukuran sekitar sepersepuluh dari ukuran pesawat luar angkasa yang diproyeksikan Tiongkok itu, menelan biaya sekitar 100 miliar dolar AS atau setara Rp1.426 triliun untuk membangun, meluncurkan, dan merakitnya.