Geobacter, Bakteri Berdaya Listrik, Kini Sudah Ditemukan Saklarnya

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 8 September 2021 | 16:00 WIB
Kawat nano bercabang dari permukaan mikroba Geobacter. (NIKHIL MALVANKAR / YALE UNIVERSITY)

Nationalgeographic.co.id—Jauh di bawah dasar laut, ditemukan bakteri kecil yang "menghembuskan" listrik melalui snorkel yang panjang dan kecil. Kini, para ilmuwan telah menemukan cara menghidupkan dan mematikan napas listrik mikroba ini.

Bakteri aneh ini bergantung pada dua protein, yang bersatu dalam satu struktur seperti rambut yang disebut pilus (bahasa Latin untuk rambut; jamak: Pili). Para peneliti melaporkan dalam sebuah studi baru, yang diterbitkan Rabu (1 September) di jurnal Nature. Banyak dari pili ini terletak tepat di bawah membran bakteri dan membantu mendorong snorkel keluar dari sel dan masuk ke lingkungan sekitarnya, sehingga memungkinkan mikroba untuk bernapas.

Penemuan ini tidak hanya mengungkapkan sesuatu yang tidak terduga tentang biologi bakteri tetapi juga dapat membuka jalan bagi teknologi baru, dari baterai bertenaga mikroba yang kuat hingga perawatan medis baru untuk infeksi bakteri,” ujar senior Nikhil Malvankar, asisten profesor biofisika molekuler dan biokimia di Yale Institut Ilmu Mikroba Universitas, dilansir dari Live Science.