Ulughbegsaurus uzbekistanensis, Meruntuhkan Kegarangan Tyranosaurus

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 10 September 2021 | 16:00 WIB
Rekonstruksi wajah Ulughbegsaurus uzbekistanensis, dinosaurus yang lebih menyeramkan daripada T-rex. Hidup di Uzbekistan sekitar 90 juta tahun silam. (Julius Csotonyi/Science Alert)

Nationalgeographic.co.id—Sekitar 90 juta tahun yang lalu, dinosaurus pemakan daging dengan gigi seperti hiu bergerigi berkeliaran di tempat yang sekarang disebut Uzbekistan. Demikian penelitian tentang temuan fosil tulang rahang raksasa predator raksasa itu menurut sebuah studi baru.

Binatang sepanjang 8 meter ini memiliki berat 1.000 kilogram, membuatnya lebih panjang dari gajah Afrika dan lebih berat dari bison.

Para peneliti menamakannya Ulughbegsaurus uzbekistanensis, diambil dari nama Ulugh Beg yang merupakan astronom, matematikawan, dan sultan abad ke-15 dari tempat yang sekarang disebut Uzbekistan.

Apa yang mengejutkan para ilmuwan adalah bahwa dinosaurus itu jauh lebih besar—dua kali panjang dan berat lebih dari lima kali predator puncak ekosistemnya yang dikenal sebelumnya: "seekor tyrannosaurus, para peneliti menemukan".

Potongan tulang rahang itu ditemukan di Gurun Kyzylkum Uzbekistan pada 1980-an, dan para peneliti menemukannya kembali pada 2019 dalam koleksi museum Uzbekistan.

Tulang rahang parsial U. uzbekistanensis cukup untuk menunjukkan bahwa hewan itu adalah carcharodontosaurus, atau dinosaurus "bergigi hiu". Karnivora ini adalah sepupu dan pesaing tyrannosaurus, yang spesiesnya paling terkenal adalah Tyrannosaurus rex.