Sejarah Ringkas Gelombang Besar Penyebaran Kucing ke Penjuru Dunia

By Mahandis Yoanata Thamrin, Sabtu, 11 September 2021 | 23:43 WIB
Bangsa Viking adalah pelaut dan mereka membangun kapal indah yang tercatat dalam sejarah. Terdapat dua gelombang besar penyebaran populasi kucing di dunia, salah satunya lewat migrasi dari Eropa bersama kapal Viking. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Kita sangat menyukai kucing, namun umumnya kita masih belum mengetahui banyak tentang nenek moyang mereka, hingga saat ini. Kucing adalah hewan peliharaan paling populer di dunia, keberadaan mereka menyebar di seluruh planet ini. Akan tetapi, untuk waktu yang lama, para ilmuwan belum yakin apa yang menyebabkan kucing bisa menjadi hewan peliharaan.

Para peneliti baru-baru ini menelusuri penyebaran kucing di seluruh dunia untuk menemukan hubungan keberadaan mereka dengan para petani, perjalanan mereka dengan para pedagang dan Viking, ujar Ewen Callaway kepada Nature.

Meskipun genom anjing telah disusun secara penuh pada 2005, butuh dua tahun untuk mengurutkan genom kucing yang tersebar di bumi ini. Pada 2014, akhirnya diterbitkan sebuah pemetaan keberadaan kucing yang lebih baik dari sebelumnya.