Temuan Jejak Perkemahan Orang-orang Pribumi Amerika Zaman Batu

By Maria Gabrielle, Selasa, 14 September 2021 | 16:30 WIB
Lukisan reka ulang berdasarkan temuan arkeologis tentang kehidupan orang-orang Clovis, pribumi Amerika, pada 13.000 tahun silam. (HISTORY & THEORY OF KNOWLEDGE)

Nationalgeographic.co.id—Telah teridentifikasi situs perkemahan orang-orang Clovis berusia 13.000 tahun di Michigan, Amerika Serikat. Situs Belson yang berlokasi di wilayah St. Joseph sekarang dianggap sebagai situs arkeologi paling awal di Michigan.

Dilansir dari Michigan News - University of Michigan, tempat ini diduga ditempati oleh enam atau tujuh orang, yang tinggal sementara menjelang akhir Zaman Pleistosen. Area perkemahan tersebut menujukkan bahwa di sana adalah pemukiman orang-orang Clovis paling barat laut di wilayah Great Lakes.

Orang-orang Clovis masuk dalam peradaban Paleoindian yang tinggal di Amerika antara 13.000 dan 12.500 tahun yang lalu. Mereka dapat teridentifikasi dari ujung tombaknya yang khas. Mereka menggunakan batu berkualitas tinggi yang disebut dengan rijang dan menerapkan beragam metode untuk membuat perkakasnya.