Alat Politik Soekarno: Sepak Bola Sebagai Medium Perjuangan Bangsa

By Galih Pranata, Selasa, 14 September 2021 | 13:00 WIB
Presiden Soekarno memberikan tendangan bola kehormatan dalam pertandingan sepak bola di Lapangan Batavia Voetbal Club (BVC), tampak Mr. Kosasih Purwanegara (berkacamata) ikut mendampingi presiden. (ANRI)

Nationalgeographic.co.id—Momentum sepak bola, tidak akan terlepas dari figur-figur pemimpin dunia yang turut menyaksikan tim kesayangannya, di tribun stadion. Sebut saja, Angela Merkel, leader of Europe sekaligus ilmuwan eksakta ini, sangat menggilai sepak bola. Tak hanya itu, nama Ir. Soekarno yang juga berkiprah sebagai pemimpin Indonesia, sangat mendukung akan kemajuan sepak bola tanah air. 

Terdapat kutipan menarik, bahwa seorang pemimpin adalah pemain ke-12 di lapangan. Kehadirannya dapat menggelorakan semangat timnya yang tengah berlaga. Setiap aksi pemain akan dilihat oleh pemimpin negara, hal itu adalah salah satu momentum dimana pemain harus mengeluarkan semua kemampuannya di atas rumput hijau. 

Rojil Nugroho Bayu Aji dalam tulisannya pada jurnal yang dimuat dalam Researchgate, berjudul Politik Olahraga Soekarno: Menggelar Indonesia Melalui Sepak Bola danBulutangkis, publikasi 2018. Tulisannya berupaya menceritakan pendapat Soekarno dalam melihat sepak bola dari balik kacamatanya.