Eksperimen Menggantung Badak dari Helikopter Ini Raih Penghargaan

By Utomo Priyambodo, Rabu, 15 September 2021 | 19:00 WIB
Salah satu penerima penghargaan Ig Nobel Prize tahun ini adalah sebuah studi yang menggantungkan sejumlah badak secara terbalik dari helikopter. (Radcliffe et al., J. of Wildlife Diseases, 2021)

Nationalgeographic.co.idIg Nobel Prize diberikan setiap tahunnya kepada sepilihan eksperimen ilmiah yang tampaknya aneh dan tidak berguna. Diberikan oleh majalah humor sains Annals of Improbable Research, hadiah tersebut menghormati proyek-proyek yang "pertama membuat orang tertawa, kemudian membuat mereka berpikir".

Pada tahun ini, salah satu penerima penghargaan tersebut adalah sebuah studi yang menggantungkan sejumlah badak secara terbalik dari helikopter. Di balik foto-foto absurd spektakuler atas kondisi badak-badak yang kakinya terikat dan tergantung itu, sesungguhnya ada urusan yang serius dalam penelitian ini.

Badak sedang dalam masalah. Ada lima jenis badak yang tersisa di bumi, dan semuanya terancam punah. Spesies yang digantung terbalik dalam penelitian ini adalah badak hitam, dengan berat 1,5 ton dan dengan perkiraan populasi tersisa hanya 5.000.