Melihat Harimau Berkantung Terakhir Sebelum Dinyatakan Punah

By Utomo Priyambodo, Rabu, 15 September 2021 | 20:00 WIB
Cuplikan gambar dari rekaman berwarna harimau berkantung terakhir yang dulu masih hidup sebelum spesies ini resmi dinyatakan telah punah. (National Film and Sound Archive of Australia)

Nationalgeographic.co.idThilacynem, atau dikenal sebagai harimau tasmania, merupakan spesies harimau berkantung yang sudah punah. Hampir seabad yang lalu, seorang pembuat film merekam video hitam-putih pendek tentang harimau tasmania yang terakhir diketahui itu.

Dalam rekaman video tersebut, harimau berkantung itu tampak sedang berjalan di sekitar kandangnya di Kebun Binatang Beaumaris di Hobart, Australia.

Sekarang, hewan yang telah lama mati itu, yang diberi nama Benjamin oleh penjaganya, telah "hidup kembali" dalam versi rekaman berwarna yang baru.

Dalam video rekaman yang disempurnakan, yang dibagikan oleh National Film and Sound Archive (NFSA) Australia di YouTube pada 6 September 2021, Benjamin tampak memiliki bulu kekuningan bergaris-garis cokelat tua di punggung dan pantatnya. Saat dia mengangakan rahangnya yang sangat panjang sambil menguap, tampak lidah dan bagian dalam mulutnya yang berwarna merah muda lembut.