Prediksi Astronom: Inilah Supernova yang Akan Meledak Tahun 2037

By Wawan Setiawan, Rabu, 15 September 2021 | 18:00 WIB
Studi baru ilmuwan terhadap galaksi yang jauh justru menemukan adanya supernova yang diprediksi akan meledak 2037. (admin_gke11ifx/Pledge Times)

Nationalgeographic.co.id—Baru-baru ini, astronom mencoba untuk memprediksi peristiwa astronomi yang akan terjadi pada 2037 nanti. Ini bukanlah pekerjaan yang mudah bagi mereka, karena mereka harus menggabungkan dan menganalisa data yang mereka dapatkan hanya dari bantuan teleskop, waktu kembalinya beberapa komet, serta kapan gerhana bulan dan matahari akan terjadi mendatang.

Semua data itu akan mereka kumpulkan untuk dapat meramalkan peristiwa supernova dari sebuah bintang yang disebut sebagai Supernova Requiem. Sayangnya, peristiwa yang akan terjadi ini tidak bisa dilihat langsung dengan mata telanjang, mungkin beberapa teleskop bisa menemukannya.

Melihat gambar yang berhasil ditangkap oleh teleskop Hubble, astronom akan mencoba memberikan prediksi dari supernova yang tampak dalam gambar tersebut sebagai tiga buah titik-titik kecil, yang diyakini oleh astronom sebagai cahaya dari dampak ledakan.