Anarkis Hingga Bunuh Diri, Fanatisme Fans Terhadap Sepak Bola

By Galih Pranata, Kamis, 16 September 2021 | 14:00 WIB
Salah satu fans Brazil terlihat bersedih sambil memeluk trofi, saat tim kesayangannya gagal melaju ke final Piala Dunia 2014. (Nero Josh)

Nationalgeographic.co.id—Sepak bola menjadi olahraga yang paling diganderungi seantero raya. Dalam versi Most Popular Sports, tercatat 3,5 milyar pasang mata menontonnya. Beragam media sosial tercatat menorehkan banyak pengunjung setiap harinya untuk mengikuti perkembangan berita sepak bola. Di beberapa tempat di dunia, sepak bola bahkan dianggap sebagai agama.

Selama bertahun-tahun, telah tercatat bahwa sebagian besar penggemar sepak bola melakukan hal-hal gila untuk membela klub kesayangannya. Mulai dari anarkisme, hingga yang terburuk adalah bunuh diri. Nampaknya, sepak bola sudah lebih dari sekadar hiburan semata, melainkan sebagai hal yang selalu diperjuangkan. 

Salah satu kisah memilukan, seorang pria berusia 43 tahun, ditemukan tewas gantung diri di dapur. "Ia diketemukan tewas tergantung di dapur oleh anaknya selepas jeda istirahat babak pertama" dilansir dari website Liverpool Echo.