Tahukah Anda Perbedaan Air Suling Dan Air Rebus , Inilah Penjelasannya

By Agnes Angelros Nevio, Sabtu, 18 September 2021 | 11:00 WIB
ilustrasi air minum (Anna Usova)

Nationalgeographic.co.id—Anda mungkin pernah mendengar istilah air suling, mungkin selama pelajaran kimia di sekolah. anda mungkin ingat pernah diajarkan bahwa air suling adalah air paling murni yang tersedia, tetapi apa yang istimewa darinya? Anda tidak bisa membuat air suling tanpa merebusnya terlebih dahulu, jadi apa bedanya dengan air rebus?

Sebelum menjawabnya, mari kita pahami dulu apa sebenarnya air suling itu.

Air suling adalah air yang telah direbus sampai benar-benar menguap, setelah itu uap air tersebut dikondensasikan kembali menjadi cair. Anda mungkin pernah melihat tabung air suling yang lucu dan kecil dijual di apotek setempat.

Air suling bebas dari semua kotoran dan mikroorganisme organik dan anorganik, karena mereka benar-benar dihilangkan selama distilasi. Kotoran ini termasuk jejak logam seperti kalsium, magnesium, klorin, seng atau kontaminan kimia organik seperti pestisida, fenol dan kotoran.

Karena kemurniannya, air suling digunakan untuk proses medis dan industri, serta di laboratorium untuk melarutkan bahan kimia. Semua cairan suntik di rumah sakit adalah obat-obatan yang telah dilarutkan dalam air suling.