Inilah Penampakan Beberapa Gua-gua Luar Biasa di Seluruh Dunia

By Agnes Angelros Nevio, Senin, 20 September 2021 | 21:30 WIB
Gua Lilburn, Sequoia National Park, California (Public Domain)

Gua Lilburn, Sequoia National Park, California

Tersembunyi di Taman Nasional Sequoia ada lebih dari 240 gua dan mungkin ratusan lainnya belum ditemukan. Salah satu yang paling menakjubkan adalah Gua Lilburn, sebuah labirin marmer dan gua terdalam California ini memiliki panjang yang lebih dari 32 kilometer. Lebih dari 30 jenis mineral yang berbeda ditemukan di sini, menciptakan formasi gua yang berwarna-warni dan tidak biasa.

Gua itu dipenuhi dengan struktur marmer yang indah, beberapa sungai besar dan "mungkin yang paling menakjubkan di AS," kata pakar gua R. Scott House dari Cave Research Foundation. Lilburn tidak banyak dihiasi dengan speleothems (formasi gua seperti stalagmit dan stalaktit) tetapi di beberapa area formasinya terlihat luar biasa.

Gua Gletser di Lidah Es Erebus, Antartika

Gua Gletser di Lidah Es Erebus, Antartika. (Live Science)

Gua ini datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Gua gletser Lidah Es Erebus ini  berada di dekat Stasiun McMurdo di Antartika. Lidah Es Erebus adalah gletser outlet gunung yang memproyeksikan 12 kilometer ke McMurdo Sound. Gua es terbuka di tepi laut Lidah Es Erebus.

Es seperti stalaktit dapat terlihat di langit-langit gua bersama dengan kristal es yang kompleks. Sinar matahari yang menembus es ke dalam gua menciptakan cahaya biru di gua-gua tersebut.

Baca Juga: Sistem Gua Terpanjang Sedunia Panjangnya Setara Jarak Jakarta-Surabaya