Batu Raksasa Luar Angkasa Menghancurkan Kota Kuno di Timur Tengah

By Utomo Priyambodo, Selasa, 21 September 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi batu raksasa dari luar angkasa menghancurkan sebuah kota kuno di Timur Tengah. (Allen West and Jennifer Rice, CC BY-ND)

Nationalgeographic.co.id—Kisah kehancuran Kota Sodom yang ada di Alkitab mungkin bersumber dari peristiwa nyata yang terjadi pada kota kuno ini. Ketika penduduk kota kuno di Timur Tengah yang sekarang disebut Tall el-Hammam itu melakukan kegiatan sehari-hari sekitar 3.600 tahun yang lalu, mereka tidak tahu ada batu besar dari luar angkasa yang sedang melaju ke arah mereka dengan kecepatan sekitar 61.000 kilometer per jam.

Meluncur melalui atmosfer, batu rakasasa itu meledak dalam bola api besar sekitar 4 kilometer di atas tanah. Ledakan itu sekitar 1.000 kali lebih kuat dari bom atom Hiroshima.

Penduduk kota yang terkejut akibat menatap ledakan itu langsung menjadi buta. Suhu udara dengan cepat naik di atas 2.000 derajat Celsius. Pakaian dan kayu segera terbakar. Pedang, tombak, batu bata lumpur, dan tembikar mulai meleleh. Hampir seketika, seluruh bagian kota itu jadi terbakar.