Makan Berlebihan Bukanlah Penyebab Utama Obesitas, Kata Studi Terbaru

By Utomo Priyambodo, Selasa, 21 September 2021 | 20:30 WIB
Kini obesitas menjadi epidemik global. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Berdasarkan data terbaru dari Kementerian Kesehatan, 1 dari 3 orang dewasa Indonesia mengalami obesitas, dan 1 dari 5 anak usia 5-12 tahun juga mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Pada umumnya pedoman diet untuk menurunkan berat badan "mengharuskan orang-orang dewasa mengurangi jumlah kalori yang mereka dapatkan dari makanan dan minuman dan meningkatkan jumlah kalori yang dikeluarkan melalui aktivitas fisik."

Pendekatan manajemen berat badan ini didasarkan pada model keseimbangan energi berusia seabad yang menyatakan bahwa penambahan berat badan disebabkan oleh konsumsi lebih banyak energi daripada yang kita keluarkan.

Di dunia sekarang ini, kita dikelilingi oleh makanan olahan yang sangat lezat, dipasarkan dengan harga tinggi, sehingga mudah bagi kita untuk makan lebih banyak kalori daripada yang kita butuhkan. Ketidakseimbangan kalori ini semakin diperburuk oleh gaya hidup kita yang tidak banyak bergerak saat ini. Apalagi di masa pandemi yang mengharuskan banyak orang bekerja dan bersekolah dari rumah.