Fakta Keajaiban Sains di Balik Kekuatan Super Captain America

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 21 September 2021 | 16:00 WIB
Penjabaran ilmiah tentang bagaiman cara Captain Amerika mendapatkan kekuatan supernya, dan apakah manusia benar bisa mendapkatkan hal semacam itu. (MARVEL)

Nationalgeographic.co.id–Di liga pahlawan super Marvel, Captain America bisa dibilang sangat unik. Bukan karena dia memiliki kostum biru kemilau dan menggunakan perisai dengan bintang tercetak di atasnya, melainkan karena dia tidak memiliki 'kekuatan super'. Captain Amerika tidak seperti Thor, Wolverine, dan Hulk, atau baju zirah yang dipersenjatai dengan kuat seperti Iron Man, untuk membantunya menghancurkan musuh-musuhnya menjadi bubur. Sebaliknya, dia hanyalah manusia yang fungsi tubuhnya telah ditingkatkan secara luar biasa untuk beroperasi pada kapasitas maksimumnya.

Dia rentan terhadap senjata tajam, peluru biasa, dan bahkan kekuatan pukulan (meskipun pukulan itu harus sangat keras), sama seperti manusia "normal" lainnya. Ini mungkin salah satu alasan mengapa Captain America memiliki kedekatan dengan orang-orang, karena mereka menganggapnya sebagai seseorang yang dapat terhubung dengan mereka.

Namun, bagaimana fungsi tubuhnya setelah ditingkatkan? Apa rahasia di balik kelincahan super dan kekuatan super?