Misteri Kosmis Berusia 900 Tahun Supernova Tiongkok Terpecahkan

By Wawan Setiawan, Selasa, 21 September 2021 | 21:00 WIB
Para astronom telah memecahkan misteri berusia 900 tahun seputar asal usul supernova yang pertama kali terlihat di China pada tahun 1181. (Outsider.com)

Nationalgeographic.co.id—Menurut tim astronom internasional, misteri kosmis berusia 900 tahun seputar asal-usul supernova terkenal yang pertama kali terlihat di Cina pada 1181 Masehi akhirnya terpecahkan. Supernova Cina, yang juga dikenal sebagai 'Bintang Tamu Cina' ini, pertama kali diamati oleh astronom Cina dan Jepang pada abad ke-12.

Menurut astronom Cina dan Jepang, ledakan abad kedua belas ini seterang Saturnus. Begitu terang dan menonjolnya, sehingga misteri kosmis ini tetap terlihat oleh para astronom selama enam bulan. Waktu yang cukup lama untuk bisa mempelajarinya.

Penelitian baru yang diterbitkan  pada 15 September 2021 dalam jurnal The Astrophysical Journal Letters yang berjudul The Remnant and Origin of the Historical Supernova 1181 AD, mengatakan bahwa awan (atau nebula) samar yang berkembang cepat, disebut Pa30, terlihat mengelilingi salah satu bintang terpanas di Bima Sakti, yang dikenal sebagai Bintang Parker (Parker's Star), cocok dengan profil, lokasi, dan usia dari supernova bersejarah itu.