Perubahan Iklim: Permasalahan yang Memicu Krisis Kesehatan Masyarakat

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Rabu, 22 September 2021 | 17:30 WIB
Perubahan iklim dapat memicu kerusakan lingkungan yang sangat berhubungan pada kesehatan masyarakat yang bergantung pada sekitarnya. (Ricky Martin/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id—2030 sebagai senggat waktu pencegahan perubahan iklim kian mendekat. Di saat lambannya pemenuhan akan Perjanjian Paris, emisi justru tetap meningkat meski dalam situasi pagebluk yang membatasi pegerakan masyarakat.

Padahal dampaknya sangat terasa bagi kita, seperti meningkatnya rata-rata temperatur yang memicu kebakaran hutan, cuaca ekstrem, naiknya permukaan laut, hingga bencana alam. Kian lama, perubahan iklim makin menggerogoti kita dari sektor kesehatan masyarakat.

Para ilmuwan melalui berbagai penelitian telah berulang kali memberikan hasil, dan memperingati pemangku kebijakan publik di seluruh dunia terkait ancaman ini. Tak hanya itu, masyarakat yang menyadari perubahan iklim, LSM, dan aktivis di beberapa negara juga terus berupaya menyadarkan pemerintah akan dampak perubahan iklim.

Selain itu para editor jurnal penelitian awal September ini, melayangkan desakan bersama-sama kepada para pemimpin dunia agar segera menurunkan dampak perubahan iklim. Terlebih, mereka khawatir karena perubahan iklim akan sangat berdampak pada kesehatan.