Dari Sekian Genre Musik, Inilah Genre Musik yang Paling Menular

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 23 September 2021 | 22:30 WIB
Para ahli matematika mengungkapkan bahwa musik dengan berbagai genre memiliki tingkat penularan dan kecepatan penularan yang beragam. Musik elektronik memiliki tingkat penularan paling cepat. (Bantersnaps)

Nationalgeographic.co.id—Musik pop sering dideskripsikan sebagai sesuatu yang menarik, tetapi tampaknya Anda benar-benar dapat menulari orang disekirat dengan selera musik Anda. Pola pengunduhan musik setelah rilis tampaknya sangat mirip dengan kurva epidemi penyakit menular. Dan, musik elektronik tampaknya menjadi genre yang paling menular dari semuanya.

Dora Rosati, penulis utama studi serta mantan lulusan matematika dan statistik di McMaster University di Ontario, Kanada bersama dengan rekan-rekannya, bertanya-tanya apakah mereka dapat mempelajari sesuatu tentang bagaimana lagu menjadi populer menggunakan alat matematika yang biasanya diterapkan untuk mempelajari penyebaran penyakit menular.

Tim beralih ke database hampir 1,4 miliar unduhan lagu individu dari layanan streaming musik MixRadio yang sekarang dihentikan. Berfokus pada 1.000 lagu teratas yang diunduh di Inggris antara tahun 2007 dan 2014, mereka mengukur seberapa baik model standar penyakit epidemi, yang disebut model SIR, menyesuaikan tren dalam unduhan lagu dari waktu ke waktu.