Bisa Menginfeksi Manusia, Cacing Tambang pada Anjing Kini Kebal Obat

By Ricky Jenihansen, Jumat, 24 September 2021 | 10:00 WIB
Cacing tambang pada anjing di Amerika Serikat saat ini mengembangkan kemampuan kebal terhadap obat-obatan. (CGTN)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah laporan penelitian dari University of Georgia baru-baru ini mengungkapkan, parasit pada anjing yaitu cacing tambang di Amerika Serikat saat ini mengembangkan kemampuan kebal terhadap obat-obatan. Rincian penelitian tersebut telah dipublikasikan di International Journal for Parasitology: Drugs and Drug Resistance.

Seperti diketahui cacing tambang adalah salah satu parasit paling umum yang mengganggu dunia hewan peliharaan. Mereka (cacing tambang) menggunakan mulutnya yang seperti kait untuk menempel pada usus hewan, tempat mereka memakan cairan jaringan dan darah. Hewan yang terinfeksi dapat mengalami masalah kesehatan, di antaranya penurunan berat badan yang dramatis, tinja berdarah, anemia dan kelesuan.

Saat ini, dokter hewan AS mengandalkan tiga jenis obat untuk membunuh cacing tambang, tetapi parasit tampaknya menjadi kebal terhadap semuanya. Cacing tambang telah berevolusi dapat menghindari semua obat yang disetujui FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) yang digunakan dokter hewan untuk membunuh mereka.