'Rongga' Misterius Selebar 500 Tahun Cahaya Ditemukan di Luar Angkasa

By Wawan Setiawan, Sabtu, 25 September 2021 | 19:00 WIB
Para astronom telah menemukan rongga bola raksasa di dalam galaksi Bima Sakti; lokasinya digambarkan di sebelah kanan. Tampilan rongga yang diperbesar (kiri) menunjukkan awan molekuler Perseus dan Taurus masing-masing dalam warna biru dan merah. (Alyssa Goodman/Center for Astrophysics | Harvard & Smithsonian)

Nationalgeographic.co.id—Para astronom telah menemukan ‘rongga raksasa’ di ruang angkasa saat mempelajari peta 3-D dari awan gas dan debu pembentuk bintang di dekatnya. Rongga berbentuk bola selebar 500 tahun cahaya ini, membentang sekitar 150 parsec, dan terletak di antara gugusan gas pembentuk bintang, atau awan molekul, di konstelasi Perseus dan Taurus.

Tim peneliti yang menemukan rongga tersebut percaya bahwa itu mungkin telah dibuat ketika sebuah bintang menjadi supernova di sekitarnya sekitar 10 juta tahun yang lalu. Ledakan bintang yang luar biasa ini telah mendorong gas keluar dari wilayah tersebut, membentuk rongga dan "Perseus-Taurus Supershell" dari bintang-bintang yang mengelilinginya.

"Ratusan bintang sedang terbentuk atau sudah ada di permukaan gelembung raksasa ini," kata seorang peneliti postdoctoral di Institute for Theory and Computation (ITC) di Center for Astrophysics (CfA), Shmuel Bialy, dalam siaran pers.