Fatima Al-Fihri, Perempuan Muslim Pendiri Universitas Pertama di Dunia

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 25 September 2021 | 18:00 WIB
Fatima al-Fihri, Wanita Muslim Pendiri Universitas Pertama di Dunia. (Pinterest)

Nationalgeographic.co.id—Lebih dari 1000 tahun yang lalu, di antara komunitas migran di distrik barat Maroko, visi dan investasi seorang wanita muslim bernama Fatima al-Fihri membuka jalan bagi pendirian universitas pertama di dunia. Fatima mendirikan sebuah masjid di kota Fez Maroko, yang kemudian berkembang menjadi Universitas al-Qarawiyyin yang terkenal.

Melansir Manchester University Press, Fatima al-Fihri lahir pada tahun 800 Masehi. Dia adalah putri Mohammed Bnou Abdullah al-Fihri, seorang pedagang kaya yang menetap di Fez bersama keluarganya pada masa pemerintahan Idris II. Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan awalnya, tetapi suatu saat di awal abad ke-9, Fatima bermigrasi dengan ayah dan saudara perempuannya dari Qayrawan di Tunisia ke Fez di Maroko.

Fatimah adalah seorang muslim yang taat. Ketika Fatima mewarisi kekayaan besar setelah kematian ayahnya. Dia menginvestasikan kekayaan ini untuk mendirikan masjid dan lembaga pendidikan untuk kepentingan komunitas muslimnya. Secara bertahap, pendirian berkembang menjadi Universitas al-Qarawiyyin atau Al-Karaouine (University of al-Qarawiyyin), dinamai berdasarkan tempat kelahiran Fatima, yaitu Qayrawan di Tunisia.