Inilah Teknik Baru Upaya Penyelamatan Nyawa Korban Serangan Hiu

By Wawan Setiawan, Selasa, 28 September 2021 | 11:00 WIB
Menyelamatkan nyawa seringkali berarti menghentikan pendarahan tepat waktu. Teknik baru ini dapat menyelamatkan nyawa dari serangan hiu. (Telegraph)

Nationalgeographic.co.id—"Dalam serangan hiu, kebanyakan orang tidak benar-benar digigit dua kali dan mereka bisa kembali ke pantai," kata Nicholas Taylor."Saya pikir, jika Anda pergi ke pantai dengan seorang teman dan kaki mereka berdarah, apa hal terbaik yang bisa Anda lakukan?”

Sebuah teknik pertolongan pertama baru yang sederhana dapat membantu menghindari kematian akibat serangan hiu, menurut sebuah studi baru oleh para ilmuwan dari The Australian National University (ANU). Metode ini melibatkan pengamat yang menggunakan berat badan mereka sendiri untuk mengepalkan tangan dan "mendorong dengan keras di antara pinggul dan alat kelamin".

Demikian seperti yang dilansir Tech Explorist. Nicholas Taylor merupakan penulis utama, peselancar, dokter darurat, dan Associate Dean dari ANU Medical Schoo. Dia mengatakan, “Metode ini dapat menghentikan atau mengurangi kehilangan darah dengan menggunakan sumber daya yang tersedia segera untuk mengobati perdarahan ekstremitas bawah.”