Gelang Permata Peninggalan Ratu Prancis Marie Antoinette Dilelang

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Selasa, 28 September 2021 | 09:00 WIB
Dua gelang peninggalan ratu terakhir Prancis Marie Antoinette akan dilelang pada November ini. ( Fabrice COFFRINI / AFP)

Nationalgeographic.co.id—"Sangat sulit untuk mengukur ukuran pastinya, karena ini adalah berlian antik, dan saat itu ukurannya kurang tepat," kata spesialis perhiasan Marie-Cécile Cisamolo. Berlian ini nampak kurang persisi, tambahnya, tetapi sangat memesona karena keunikan dan keantikannya. "Permata ini dengan demikian dapat dilacak sampai ke Marie-Antoinette."

Melansir AFP, Cisamolo mengatakan bahwa perihasan itu bisa dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi. Sebab ada banyak nilai intrisik berlian besar yang berkisar satu hingga empat karat tersebut. Cisamolo berharap siapa pun yang membelinya "akan menghargai mereka selama sisa hidup mereka."

Akhir tahun ini sepasang gelang milik Ratu Marie Antoinette akan dilelang di Jenewa, Swiss. Masing-masing dari gelang itu dilapisi berlian yang berkisar USD 2-4 juta, ketika dibuka 9 November mendatang oleh Christie's Auctions.

"Kau tidak hanya mengenakan sesuatu yang dipakai Marie-Antoinette," lanjutnya. "Berliannya luar biasa."