Mendadak Kaya! Dua Orang Penyelam Temukan Emas dari Kekaisaran Romawi

By Agnes Angelros Nevio, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Penyelam bebas di Spanyol memberi tahu pihak berwenang setelah menemukan beberapa koin emas yang berasal dari jatuhnya Kekaisaran Romawi Barat (Live Science)

Nationalgeographic.co.id-Dua penyelam amatir yang berenang di sepanjang pantai Spanyol telah menemukan tumpukan besar koin emas berusia 1.500 tahun, salah satu yang terbesar yang pernah tercatat berasal dari Kekaisaran Romawi.

Penyelam tersebut adalah saudara ipar Luis Lens Pardo dan César Gimeno Alcalá, menemukan emas simpanan saat berlibur bersama keluarga mereka di Xàbia, kota pesisir Mediterania dan tempat wisata. Duo ini menyewa peralatan snorkeling sehingga mereka bisa melakukan freediving dengan tujuan memungut sampah untuk mempercantik area tersebut, tetapi mereka menemukan sesuatu yang jauh lebih berharga ketika Lens Pardo melihat secercah koin di dasar Portitxol Bay pada 23 Agustus, El País melaporkan.

Ketika dia pergi untuk menyelidiki, dia menemukan bahwa koin itu "berada di lubang kecil, seperti penutup lubang," kata Lens Pardo kepada El País dalam bahasa Spanyol. Setelah membersihkan koin, Lens Pardo melihat bahwa koin itu memiliki "gambar kuno, seperti wajah Yunani atau Romawi." Penasaran, Lens Pardo dan Gimeno Alcalá kembali, terjun bebas ke lubang dengan pisau Swiss Army dan menggunakan pembuka botolnya untuk menggali total delapan koin.

Baca Juga: Bongkahan Koin Seberat 6 Kilogram Ditemukan di Tepi Pantai Israel

Tertegun oleh penemuan itu, Lens Pardo dan Gimeno Alcala melaporkan keesokan harinya kepada pihak berwenang. "Kami mengambil delapan koin yang kami temukan dan memasukkannya ke dalam toples kaca berisi air laut," kata Lens Pardo. Tak lama kemudian, tim arkeolog dari University of Alicante, Museum Arkeologi dan Etnologi Soler Blasco, dan Brigade Bawah Laut Khusus Penjaga Sipil Spanyol, bekerja sama dengan Dewan Kota Xàbia, berkumpul untuk menggali dan memeriksa harta karun tersebut.

Dengan bantuan para arkeolog, mereka menemukan bahwa lubang itu menyimpan tumpukan besar setidaknya 53 koin emas yang berasal dari tahun 364 dan 408 M, ketika Kekaisaran Romawi Barat sedang mengalami kemunduran. Setiap koin beratnya sekitar 0,1 ons (4,5 gram).

Koin-koin tersebut terpelihara dengan sangat baik, para arkeolog dapat dengan mudah membaca prasasti mereka dan mengidentifikasi kaisar Romawi yang tergambar pada mereka, termasuk: Valentinian I (tiga koin), Valentinian II (tujuh koin), Theodosius I (15 koin), Arcadius (17 koin) , Honorius (10 koin), dan koin tak dikenal, menurut pernyataan University of Alicante. Timbunan itu juga termasuk tiga paku, kemungkinan terbuat dari tembaga, dan timah rusak dari sisa-sisa yang mungkin merupakan peti laut yang menyimpan kekayaan.

Timbunan itu adalah salah satu koleksi koin emas Romawi terbesar yang diketahui di Eropa, Jaime Molina Vidal, seorang profesor sejarah kuno di University of Alicante (UA), peneliti di Institut Arkeologi dan Warisan Sejarah Universitas di UA, dan pemimpin tim yang membantu memulihkan harta karun yang terkubur, kata dalam pernyataan itu. Koin-koin itu juga merupakan harta karun informasi, dan dapat menjelaskan fase akhir Kekaisaran Romawi Barat sebelum jatuh, kata Molina Vidal. (Pada 395 M, Kekaisaran Romawi terpecah menjadi dua bagian: Kekaisaran Romawi Barat, dengan Roma sebagai ibu kotanya, dan Kekaisaran Romawi Timur, atau Bizantium, dengan Konstantinopel (Istanbul modern) sebagai ibu kotanya.

Baca Juga: Ditemukannya Neapolis, Kota Kuno Romawi yang Tenggelam karena Tsunami

Mungkin koin-koin ini sengaja disembunyikan selama perebutan kekuasaan yang kejam yang terjadi selama peregangan terakhir Kekaisaran Romawi Barat. Selama waktu itu,- orang-orang barbar - suku non-Romawi seperti Suevi Jerman dan Vandal dan Alan Iran - datang ke Hispania, nama Romawi untuk Semenanjung Iberia, dan mengambil alih kekuasaan dari Romawi sekitar tahun 409, menurut pernyataan itu.

"Set koin emas tidak umum," kata Molina Vidal kepada El País, menambahkan bahwa Portitxol Bay adalah tempat kapal-kapal yang berangkat dari provinsi Iberia Roma berhenti sebelum berlayar ke Kepulauan Balearic, yang mencakup Mallorca dan Ibiza modern, dan kemudian menuju ke Roma. Mengingat bahwa para arkeolog belum menemukan bukti kapal karam di dekatnya, ada kemungkinan seseorang sengaja mengubur harta karun di sana, mungkin untuk menyembunyikannya dari orang barbar, kemungkinan Alan, katanya.

"Temuan itu berbicara kepada kita tentang konteks ketakutan, dunia yang akan berakhir - Kekaisaran Romawi," kata Molina Vidal.